Manfaat Tak terduga Garam untuk Buah dan Sayuran

DapurLagi - Siapa sich yang tidak tahu  manfaat garam? Selain melezatkan masakan, ternyata garam memiliki manfaat yang luar biasa untuk buah dan sayuran. Hem, kira-kira untuk apa ya, bukankah garam termasuk satu  bahan yang harus dibatasi penggunaannya karena dapat sebabkan hipertensi? Tenang saja, karena penggunaan garam pada buah dan sayuran ini tidaklah berbahaya, bahkan dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.   
Hem, daripada menebak-nebak, lebih baik simak aja langsung Manfaat Tak terduga Garam untuk Buah dan Sayuran berikut ini  :

Membersihkan kotoran dan ulat yang membandel

Mencuci buah dan sayuran saja tidaklah cukupm karena biasanya masih ada sisa kotoran membandel atau ulat yang bersembunyi disela-sela sayuran.  Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan garam. Caranya cukup rendam sayur dan buah dalam larutan garam. Baru setelah itu Anda bisa membilasnya dalam air mengalir.

Mencegah bakteri

Buah dan sayuran sangat rentang terkontaminasi bakteri. Nah, garam bisa membantu mengatasinya , karena kadar garam yang tinggi dapat membantu  mengawetkan buah dan sayuran serta menghambat pertumbuhan bakteri.

Buah dan sayur jadi  segar lebih lama

Sudah belanja buah dan sayuran, tapi Anda tidak sempat memasaknya pada saat itu juga? Jika dibiarkan ditempat terbuka, sayur dan buah-buahan akan mudah layu. Agar sayur dan buah-buahan tidak cepat layu dan segar  lebih lama, Anda  bisa merendamnya kedalam air yang dibubuhi sedikit garam. 

Mengurangi kadar asam pada buah

Suka makan buah yang asam, tapi khawatir dengan kesehatan lambung? Tidak perlu cemas  dengan masalah asam lambung  saat  makan buah yang agak asam, karena Anda bisa  mengatasinya dengan garam.  Caranya cukup menaburkan sedikit garam pada buah yang akan dikonsumsi. Garam dapat menyeimbangkan kadar asam klorida di lambung dan mengatasi masalah pencernaan. 

Mengecah proses oksidasi buah atau sayuran

Pernah  mengupas buah atau sayur, tapi tiba-tiba warnanya berubah  menjadi  kecoklatan? Buah dan sayuran yang  seringkali teroksidasi, antara lain :  terung, apel, kentang, pisang, pir dan lain sebagainya. Kondisi tersebut terjadi akibat proses oksidasi. Tidak perlu cemas, karena Anda bisa mencegah proses oksidasi buah atau sayuran. Caranya cukup merendam buah atau sayur yang sudah dicuci  pada air garam.
Hem, ternyata garam mengandung manfaat yang  luar biasa  untuk menjaga buah dan sayuran agar lebih aman dan nikmat saat dikonsumsi. Semoga informasi yang berjudul Manfaat Tak terduga Garam untuk Buah dan Sayuran diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya

AWAS, ADA RACUN DALAM 7 BAGIAN AYAM INI
Cara Masak Mie Instan Lebih Sehat dan Nikmat
Resep dan Cara Membuat Sambal Jengkol Cabe Ijo
RESEP DAN CARA MEMBUAT CUMI GORENG TEPUNG

Loading...