Begini Cara Mudah Memilih Udang yang Segar

DapurLagi - Udang termasuk salah satu seafood yang banyak digemari, karena rasanya yang gurih manis dan teksturnya yang pas banget. Selain itu, udang juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap sehingga cocok untuk melengkapi kebutuhan nutrisi keluarga tercinta. Sebagaimana hasil laut segar lainnya, udang sangat mudah rusak atau busuk jika tidak segera diolah atau proses penyimpanan yang tidak tepat. Padahal, salah satu kunci untuk mendapatkan olahan udang yang sempurna adalah dengan pemilihan bahan yang segar.
Cara Mudah Memilih Udang yang Segar
Memahami keinginan pasar tersebut, membuat beberapa oknum pedagang nakal sengaja menambahkan bahan pengawet kimia yang membuat performa udang lebih segar dan menarik. Hal itu tidak hanya membuat konsumen tertipu, tapi juga dapat mengancam kesehatannya. Agar tidak terjebak membeli udang yang aspal (asli tapi palsu) tersebut, sebaiknya kita memahami dengan benar bagaimana ciri-ciri udang yang segar.  
Sayangnya, tak banyak orang yang bisa memilih udang yang segar dan berkualitas bagus. Akibat memilih udang yang tidak segar, tidak hanya olahan udang Anda yang kurang sempurna, tapi bisa jadi memicu alergi hingga keracunan.
Nah, agar terhindar dari kesalahan memilih udang yang busuk dan tidak segar, disini kita akan membagikan beberapa cara mudah memilih udang yang segar, berikut ini :

Tidak berbau busuk

Ciri-ciri udang segar yang mudah dikenali adalah dari baunya. Bau udang segar hampir mirip dengan ikan segar. Jadi, jika melihat ada udang yang bau busuk atau menyengat, tandanya udang tersebut sudah tidak layak dikonsumsi.

Udang tidak berlendir

Udang segar akan terlihat mengkilat dan tidak berlendir pada kulit luarnya. Jadi, jika Anda mendapati udang yang berlendir, jangan pilih karena hal itu menandakan jika udang sudah mengalami pembusukan.

Kenali warna udang yang segar

Satu lagi ciri-ciri yang menunjukkan bahwa udang tersebut segar adalah warnanya. Warna udang segar sendiri akan terlihat kehitaman cerah atau putih kecoklatan/putih bening. Jika warna udang sudah berubah kekuningan, kemerahan atau biru, tandanya udang sudah tidak segar.

Terlihat keras dan utuh

Udang segar juga bisa dikenali dari tekstur dan penampilannya yang terlihat keras dan utuh. Jadi, jangan pilih udang yang teksturnya sudah lembek, lemes apalagi kalau bentuknya tidak utuh lagi.
Memilih udang yang segar dan baik akan membuat hasil masakan jauh lebih lezat dan pastinya membuat kesehatan keluarga Anda akan lebih terjaga. Salam sehat yaa!


Loading...