Cara Cerdas Hilangkan Bau Tidak Sedap pada Lemari Es dengan 6 bahan alami

DapurLagi - Lemari Es adalah alat yang penting di dapur, karena berfungsi untuk menyimpan dan mengawetkan makanan dan juga bahan-bahan yang belum di masak. Lemari Es yang tidak bersih dan tidak terawat dengan baik akan menimbulkan bau atau noda yang mengganggu kenyamanan Anda di dapur. Bagaimana tidak, makanan dan minuman yang disimpan di kulkas yang harusnya terjaga kesegarannya justru tidak bisa dikonsumsi akibat terkontaminasi bau yang tidak sedap.

Hilangkan Bau Tidak Sedap pada Lemari Es dengan 6 bahan alami

Ditambah lagi noda yang lengket pada kulkas yang tidak hanya merusak pemandangan, tapi juga membuat kita merasa malas untuk membuka kulkas. Bau tak sedap di dalam kulkas dapat dikurangi dengan membersihkan kulkas secara berkala,  menjaga suhu kulkas (jangan menghidupkan kulkas dengan suhu yang terlalu dingin, sebab bisa mengakibatkan penyebaran bau yang lebih besar) dan menyimpan makanan atau bahan makanan dalam wadah tertutup.
Bila baunya tak kunjung hilang, ada beberapa tips dapat Anda terapkan. Tak perlu menggunakan bahan kimia, cukup manfaatkan bahan-bahan alami yang ada di dapur Anda seperti berikut ini

Oatmeal

Oatmeal banyak digunakan orang sebagai makanan sehat saat sarapan. Fugsinya sangat banyak, di antaranya mengatasi kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Percaya atau tidak, semangkok oatmeal yang belum diseduh lalu diletakkan dalam Lemari Es, ternyata dapat meminimalisir bau tak sedap dan bahkan menghilangkannya. Hal ini, karena oatmeal memeiliki fungsi lebih yaitu menyerap polutan, dan juga menguraikan bakteri penyebab bau.

Tomat

Buah Tomat dapat menghilangkan bau tak tak sedap di dalam Lemari Es. Mudah kok caranya, cukup sediakan satu buah tomat matang lalu cincang, aduk rata dengan air hangat . Setelah itu, bersihkan bagian dalam lemari Es dengan campuran air tomat itu secara merata. Diamkan beberapa menit, lalu bersihkan dengan air hangat hingga tak tersisa. Lemari Es yang Anda miliki di rumah pasti tak berbau lagi.

Cuka‬

Bahan yang satu ini pasti ada di dapur rumah Anda. Hmm Tidak ada salahnya anda mencoba untuk menghilangkan bau Lemari Es dengan cuka. Caranya cukup mudah, yaitu Anda cukup mencampurkan beberapa sendok cuka pada air hangat di sebuah wadah. Setelah itu , bersihkan bagian dalam Lemari Es dengan campuran cuka menggunakan kain yang lembut secara merata .
Tunggu beberapa saat, lali bersihkan dengan air hangat untuk menghilangkan bau cuka yang cukup menyengat. Cuka sangat efektif untuk menghilangkan kotoran dan mencegah pertumbuhan jamur di dalam Lemari Es yang berakibat lemari es menjadi bau.

Baking Soda

Baking soda tidak hanya untuk bahan pembuatan kue tapi bisa menjadi bahan alami untuk menghilangkan bau tak sedap Lemari Es. Caranya cukup mudah, yaitu taburkan secara merata baking soda di dalam Lemari Es. Lalu, gosoklah memakai kain basah, terutama pada bagian - bagian Lemari Es yang kotor dan berkerak

Air Perasan Lemon

Sebagaimana kita ketahui bahwa air perasan lemon beraroma khas, yaitu cukup kuat dan segar. Anda pun bisa menggunakannya untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam Lemari Es.
Caranya masukkan air perasan lemon ke dalam mangkuk atau wadah, lalu diamkan sekitar 45 – 60 menit di dalam Lemari Es. Dijamin, Lemari es Anda akan beraroma lemon yang menyegarkan, bye bye bau tak sedap.

Bubuk Kopi

Wah kalo bahan yang satu ini pasti ada di dapur Anda. Bubuk kopi cukup efektif untuk digunakan untu menghilangkan bau tak sedap Lemari Es. Caranya, Anda cukup menuangkan 3 – 4 sendok teh bubuk kopi hitam ke dalam sebuah wadah atau gelas. Setelah itu, simpan di dalam Lemari Es dan diamkan sekitar 45 – 60 menit.

Gunakan arang

Arang memiliki manfaat untuk menyerap bau tidak sedap, karenanya setelah kulkas dibersihkan, Anda bisa meletakkan sejumlah arang dalam lemari es selama beberapa jam. Dijamin bau tidak sedap akan lenyap.

Hmm Sangat Mudah Bukan cara menghilangkan Bau tidak sedap pada Lemari Es? Apalagi bahan-bahannya sudah tersedia semua di dalam dapur Anda. Bye bye bau tak sedap dan selamat mencoba ya.
Loading...