Cara Membuat Gorengan Sehat dan Awet Renyah

DapurLagi - Gorengan termasuk cemilan yang banyak disukai, karena bisa menjadi teman nongkrong sekaligus Ngeteh di pagi maupun sore hari. Gorengan yang masih hangat tidak hanya nikmat, tapi penampilannya sangat Kress dan menggugah selera. Tapi ketika sudah dingin, gorengan akan lembek dan tidak menarik lagi. Hem, sedih sekali bukan? Tidak perlu cemas, karena disini kita akan membagikan tips dan cara membuat gorengan yang sehat dan awet renyah.


Gorengan Sehat dan Awet Renyah

Sebenarnya membuat gorengan renyah dan memiliki citarasa gurih tidaklah susah. Agar tidak salah langkah, simak Cara Membuat Gorengan Sehat dan Awet Renyah, berikut ini :

Pilih Tepung terigu yang tepat

Memilih tepung sangatlah penting untuk mendapatkan hasil gorengan yang sempurna. Pilih tepung terigu berprotein sedang, karena akan memberikan hasil yang sesuai keinginan. Sebaliknya, tepung terigu berprotein rendah akan membuat gorengan buatan Anda menyerap banyak minyak. Sementara tepung terigu  berprotein tinggi akan membuat gorengan buatan Anda lebih keras dan alot.

Kombinasi tepung

Selain menggunakan tepung terigu protein sedang, Anda juga bisa menambahkan tepung beras atau bisa juga tepung maizena. Tepung beras dan tepung maizena memberikan tekstrur yang lebih crunhy, asalkan kombinasinya harus tepat, yakni 1 :10 untuk tepung beras/maizena dan terigu.

Ganti air dengan susu

Jika biasanya air dijadikan untuk mencampur adonan, maka agar gorengan terasa lebih nikmat dan sehat, Anda bisa menggantinya dengan susu.

Tambahkan sedikit air kapur sirih

Agar gorengan buatan Anda lebih renyah dan bertahan lama, Anda bisa menambahkan sedikit air kapur sirih.

Goreng dalam minyak yang banyak

Satu hal lagi yang harus diperhatikan  agar gorengan buatan Anda renyah dan enak adalah minyaknya. Pastikan gunakan minyak yang baru dan jumlahnya banyak agar gorengan buatan Anda matang sempurna.

Dengan beberapa tips diatas, dijamin gorengan buatan Anda tidak hanya nikmat dan kress lebih lama, tapi juga sehat karena tidak terdapat bahan-bahan kimia yang berbahaya untuk tubuh. Semoga bermanfaat dan selamat memasak!
Loading...