Rahasia Masak Tumisan yang Nikmat dan Menyehatkan

Diantara teknik memasak lainnya, menumis termasuk teknik yang banyak dipilih. Selain sehat, masak dengan teknik menumis jauh lebih cepat, praktis, dan pastinya lezat beraroma. Menumis berbeda dengan menggoreng, karena saat menumis, kita hanya membutuhkan minyak dalam jumlah yang sedikit. Mungkin tak banyak yang tahu, apa alasan yang membuat masakan yang ditumis jadi lebih sehat, praktis, dan nikmat. Nah, berikut ini beberapa alasannya :

•    Sehat, karena penggunaan minyak yang hanya sedikit  dan proses memasak yang singkat  sehingga tidak merusak nutrisi dalam sayuran.
•    Praktis, karena Anda  tidak perlu ribet menyiapkan banyak bumbu, apalagi menguleknya. Bumbu tumisan bisa dikeprek  saja, atau diiris-iris tipis.
•    Nikmat, karena proses menumis yang menggunakan minyak sedikit inilah yang membuat minyak atsiri dalam bumbu bisa keluar secara optimal.
Meski tahu jika teknik memasak dengan cara ditumis lebih sehat dan praktis dibandingkan masakan lainnya, namun sayangnya tidak semua orang menyukainya. Alasannya sich, masakan tumis masih kalah  lezat dari makanan yang  digoreng atau masakan berbumbu tebal lainnya. Padahal dengan trik tertentu, masakan ditumis tidak akan kalah dengan masakan yang digoreng maupun yang lainnya. Nah, berikut ini simak Rahasia  Masak Tumisan yang Nikmat dan Menyehatkan ;

Pilih sayuran sesuai selera

Sebelum masak tumisan, pastikan pilih sayuran sesuai selera. Pilih yang segar dan berkualitas ya, karena cara ini yang membuat hasil tumisan jadi lebih nikmat.

Sediakan bumbu yang lengkap

Umumnya, bumbu masakan tumisan jauh lebih sedikit dibandingkan bumbu masakan lainnya. Meski begitu, usahakan untuk memilih bumbu yang lengkap dan jangan lupa lengkapi dengan bumbu pendukung lainnya, seperti : saus, kecap, dan lainnya.

Lakukan proses memasak sesuai prosedur

Meski hanya ditumis, namun ada  beberapa sayuran yang harus diolah sesuai prosedur agar tidak pahit atau berbau langu, misalnya : daun pepaya, daun singkong, pare. Lakukan prosedur memasak sayuran khusus tersebut dnegan benar agar hasil tumisan jadi lebih nikmat.

Ganti minyak zaitun

Agar lebih nikmat dan sehat, Anda bsia mengganti minyak untuk menumis  sayuran dengan minyak yang lebih sehat, yakni : minyak zaitun.

Waktu memasak yang tepat

Waktu memasak tumisan tidaklah sama antara  satu jenis sayuran dengan yang lainnya, misalnya: waktu memasak kangkung pasti berbeda dengan menumis tauge, daun pepaya, dan lainnya. Jadi, harus  disesuaikan waktunya agar hasil masakan tidak keempukan  dan bsia tetap terjaga kerenyahannya/kesegarannya.
Semoga informasi yang berjudul Rahasia  Masak Tumisan yang Nikmat dan Menyehatkan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...