Cara Masak Lezat dan Enak Tanpa Penyedap Rasa

Masakan yang memiliki rasa gurih dan lezat memang menggugah selera. Namun sayangnya, kebanyakan orang menambahkan penyedap rasa instan dalam masakannya.  Padahal bukan rahasia lagi jika penyedap rasa instan mengandung banyak bahan kimia yang mungkin kurang baik untuk kesehatan tubuh jangka panjang, seperti : MSG, pengawet, perasa, pewarna dan lainnya. Masa iya, hanya karena ingin mendapatkan rasa masakan yang lezat, lantas kita tega mengabaikan kesehatan tubuh kita? Sebisa mungkin kita harus mengonsumsi makanan yang halal dan toyyiban, jadi tidak sekedar halal saja tapi juga harus toyyib atau baik untuk kesehatan tubuh jangka panjang.
Berbicara tentang masakan lezat dan enak, pastilah dibutuhkan bumbu-bumbu tertentu yang bisa menghasilkan rasa lezat yang diinginkan. Mungkin tak banyak yang tahu bahwa ternyata ada beberapa bumbu atau rempah-rempah yang dapat membantu melezatkan masakan Anda. Jadi Anda tidak perlu menambahkan penyedap rasa instan hanya untuk mendapatkan rasa masakan yang gurih. Hem, kira-kira bagaimanakah cara masak lezat dan enak tanpa penyedap rasa? Agar lebih jelasnya, simak aja informasinya berikut ini :

•    Kaldu asli

Kaldu asli dari daging, ayam, ikan, sayuran bisa memberi rasa dan aroma yang lezat pada masakan.  Cukup dengan menambahkan garam dan bumbu lainnya, dijamin masakan Anda akan memiliki rasa gurih dan lezat yang khas.

•    Perpaduan gula dan garam

Masakan gurih dan lezat bisa didapatkan dari perpaduan garam dan gula merah atau gula pasir, karena kedua bahan ini termasuk penyedap alami masakan. Tapi ingat! Takarannya harus tepat yaa, jangan sampai berlebihan salah staunya karena akan mempengaruhi rasa.

•    Bawang-bawangan

Bawang-bawangan, seperti : bawang merah, bawang putih, bawang pre, bawang Bombay, daun bawang termasuk penyedap alami masakan. Anda bisa menambahkan bawang-bawangan pada masakan, misalnya dengan diiris, dicincang, diuleg lembut, atau digeprek saja.

•    Jamur

Jamur termasuk penyedap alami yang bisa menjadikan masakan gurih dan lezat. Jadi tidak perlu menambahkan penyeda rasa instan atau micin lagi. Anda bisa memanfaatkan jamur dalam beberapa olahan, seperti tumis, pepes, sup, dan lainnya.

•    Saus 

Saus memiliki rasa yang gurih dan lezat, karena memang dibuat dari perpaduan tomat dan bahan-bahan alami, seperti bawang pre, garam, gula pasir dan lainnya. Selain saun tomat, Anda juga bisa memanfaatkan saus tiram dan beberapa saus alami lainnya. Anda bisa memanfaatkan saus untuk memasak beberapa hidangan, seperti : cap cay, sarden, mie goreng, nasi goreng, dan lainnya.

•    Ebi kering atau teri

Ebi dan teri kering bisa menjadi alternative penyedap alami untuk beberapa masakan, karena rasa dan aromanya memang khas sehingga membuat masakan Anda semakin menggugah selera.

•    Keju parmesan

Keju parmesan juga bisa dijadikan penyedap alami masakan, terutama olahan pasta. Dengan menambahkan keju parmesan, maka Anda tidak perlu lagi menambahkan penyedap rasa instan.
Dengan memahami Cara Masak Lezat dan Enak Tanpa Penyedap Rasa diatas, Anda akan semakin mudah menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga tercinta.

Tag : cara membuat msg alami apakah masako dan royco mengandung msg cara masak enak buat suami merek penyedap rasa tanpa msg pengganti msg
Loading...