Jangan Simpan Kentang dalam Kulkas, Ini Bahayanya!

Menyimpan bahan makanan mentah dalam kulkas banyak dilakukan para ibu agar lebih terjaga kesegarannya dan pastinya tidak mudah busuk. Memang benar sich, akan tetapi tidak semua bahan mentah bisa disimpan dalam kulkas loh. Bahkan ada beberapa bahan mentah yang jika disimpan dalam kulkas justru berpotensi membahayakan kesehatan, salah satunya kentang. Hem, pasti Anda merasa tercengang, karena olahan kentang banyak difavoritkan semua kalangan, termasuk anak-anak. Lalu bagaimana jika ternyata dalam kentang yang dikonsumsi justru mengandung racun yang berbahaya akibat penyimpanan yang salah?

Penyebab Kentang menjadi Berbahaya

Mungkin tak semua dari Anda tahu, bagaimana kentang yang kaya nutrisi justru bis amenjadi racun yang berbahaya bagi tubuh? Ternyata, ketika kentang disimpan dalam kulkas, maka secara otomatis pati didalamnya akan berubah menjadi gula. Nah, saat kentang digoreng atau dipanggang, maka gula tersebut akan tercampur dengan asparagine asam amino. Perpaduan keduanya dapat menghasilkan zat kimia yang bernama akrilamida, dimana zat inilah yang dapat membahayakan kesehatan.

Akrilamida salah satu penyebab kanker

Akrilamida merupakan sejenis bahan kimia yang biasa digunakan dalam proses industry, seperti : produksi pewarna, plastik, kertas, dan makanan kemasan. Akrilamida menjadi salah satu pemicu penyakit kanker. Meski kentang mengandung banyak nutrisi, namun jika diolah dengan tidak tepat justru dapat membahyakan kesehatan. Diantara olahan kentang yang mengandung akrilamida lebih tinggi dibandingkan makanan lainnya adalah : kentang goreng dan keripik kentang. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menemukan jika paparan akrilamida dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut akan efek paparan zat akrilamida.

Menyimpan dan mengolah kentang yang aman dan menyehatkan

Setelah mengetahui bahaya menyimpan kentang di kulkas, pastinya Anda harus memahami solusinya agar menyimpan kentang jadi lebih aman dan sehat. Cara terbaik menyimpan kentang adalah di tempat yang sejuk, kering dan tentunya ruangan bersuhu kamar. Atau jika Anda mau, Anda bisa membungkusnya dalam tak kresek atau kantung kertas dan menyimpannya di dapur.
Untuk pengolahannya, Anda bisa memilih teknik memasak yang tidak menghilangkan nutrisinya, yakni : merebus dan mengukus. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua.

Tag :  resepi kentang - kandungan kentang - resep kentang - kandungan gizi kentang - manfaat kentang - kentang putar - donat kentang - kroket kentang
Loading...