Melahirkan Didalam Air (Waterbirth)

Di jaman sekarang teknlogi sudah mulai canggih dan manusianya pun kini sudah mulai jenius, karena sekarang orang melahirkan bukan seperti yang bisa kita dengar. Metode untuk melahirkan seorang bayi kini sudah berbeda yaitu denga cara melahirkan bayi di dalam air. Perlu kalian ketahui juga melahirkan di dalam air bukan hal yang pertama namun saat ini sudah menjadi hal biasa di eropa terutama di rusia dan juga perancis. Melahirkan di dalam air itu akan mengurangi rasa sakit bagi wanita yang akan melahirkan sehingga sekarang sudah banyak orang yang melahirkan didalam air bukan hanya di negara – negara lain melainkan di negara kita juga sudah menerapkan metode ini.


Awal mula ide ini datang yaitu para ahli yang telah memikirkan bahwa selama bayi di dalam kandungan berada di dalam air ketuban dapat lebih nyaman ketika memasuki dunia barunya di dalam air juga setelah itu baru bernafas dengan baik. Tetapi melakukan persalinan di dalam air bukan berarti anda akan terhindar dari resiko melahirkan, melahirkan di dalam air juga terdapat beberapa resiko yang harus kalian waspadai resiko tersebut adalah kmplikasi pada paru – paru, terkadang si bayi juga kesilitan untuk bernafas. Maka saya sarankan apa bila anda akan melahirkan di dalam air sebiaknya anda konsultasikan kepada dokter kandungan untuk mencari tau bagai mana baiknya dalam melakukan persalinan.

Manfaat melahirkan di dalam air
Para ahli ginekologi telah mengakui ketika melahirkan di dlam air itu memiliki keuntungan di bandingkan dengan melahirkan dengan metode lainya.
1.    Manfaat yang pertama adalah anda akan merasa lebih rileks karena semua otot yang berkaitan akan menjadi lebih elastis
2.    Yang kedua metodeini akan memudahkan anda selama proses mengejan maka rasa nyeri selama proses melahirkan tidak terlalu di rasakan oleh anda.
3.    Manfaat yang ketiga ketika anda melakukan persalinan di dalam air prosess pembuakann jalan lahirnya si bayi akan berjalan lebih cepat. Sedangkan keuntungan bagi si bayi tersebut adalah menurunya resiko cedera pada bayi anda dan juga peredaran darah sibayipun akan lebih baik.

Proses melahirkan di dalam air

Ketika proses tersebut mulai berjalan didalam air itu sama saja dengn anda melahirkan secara normal cuman bedanya kalo melahirkan di dalam air anda berada di bak sedangkan metode lain anda berada di tempat tidur pasien. Didalam bak air tersebut sudah berisikan air sedalam 2 meter dan alas bak juga didisain dengan benjolan sehingga anda tidak merosot saat prosess persalinan itu berjalan. Selain itu fasilitas kolam juga sudah dilengkapi alat dengan baik seperti pengatur suhu dan juga sirkulasi air sehingga ke adaan air tetap seteril.
Loading...