Cara Herbal Mengatasi Trombositopenia

Cara Herbal Mengatasi Trombositopenia

Trombositopenia memiliki nama lengkap Idiopathic Thrombocytopenic Purpura atau disingkat ITP. Penyakit ini memiliki ciri khas berupa gangguan jumlah trombosit  yang rendah dan hal tersebut adalah abnormal. Fungsi trombosit dalam membentuk bekuan darah di area yang terluka bisa terganggu akibat penyakit ini. Namun jangan khawatir, karena ada beberapa cara herbal mengatasi trombositopenia yang bisa Anda coba di rumah. Sebagian di antaranya bisa Anda ketahui pada pembahasan berikut ini.


1. Lidah buaya
Lidah buaya atau aloe vera adalah salah satu bahan herbal yang bisa Anda coba. Fungsi utama dari lidah buaya dalam kasus ini adalah meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Selain itu, aloe vera juga berguna untuk mencegah munculnya gejala-gejala dari trombositopenia yang terbilang membuat tidak nyaman dan tidak sedap dipandang.

Anda sendiri bisa mengonsumsi jus lidah buaya setiah hari. Jus ini juga dipercaya bisa mengurangi pendarahan pada mulut dan gusi, serta memberikan tambahan energi bagi tubuh, sehingga produksi trombosit bisa berjalan lebih cepat dan efektif.

2. Aromaterapi dan meditasi
Kedua hal ini, yaitu meditasi dan aromaterapi diambil manfaatnya untuk trombositopenia dari segi menghilangkan stres. Stres dan kecemasan dikaitkan oleh para peneliti dengan akuisisi penyakit trombositopenia di kemudian hari. Stres yang tinggi dan munculnya hormon stres yang konstan dipercaya menjadi salah satu penyebab turunnya jumlah trombosit dalam darah.

Oleh sebab itu, bila Anda ingin sembuh dari trombositopenia, hendaknya melakukan berbagai hal yang dapat menurunkan stres, termasuk meditasi, aromaterapi, hingga yoga.

3. Daun pepaya
Ada penelitian yang menunjukan bahwa daun pepaya memiliki khasiat dalam meningkatkan jumlah trombosit. Oleh sebab itu, bagi Anda yang terserang penyakit trombositopenia, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi jus daun pepaya. Penelitian sendiri masih berlangsung untuk mengetahui komponen apa pada daun pepaya yang berkontribusi dalam kasus ini.

4. Jeruk
Jeruk dan makanan lainnya yang kaya akan vitamin C bisa dikonsumsi untuk mengatasi penyakit trombositopenia. Vitamin C sendiri berkhasiat dalam mengatasi penyakit ini karena sifatnya yang dapat mengurangi  gejala-gejala terkait trombositopenia. Vitamin C juga merupakan komponen penting dari kolagen, yang merupkan senyawa pembentul sel-sel darah dan juga jaringan. Dengan konsumsi vitamin C, produksi trombosit akan jauh lebih tinggi.

Selain vitamin C, makanan kaya fosfor juga hendaknya Anda konsumsi. Fosfor dipercaya dapat meningkatkan jumlah trombosit. Fosfor sendiri merupakan senyawa mineral kedua paling umum dalam tubuh setelah kalsium. Dengan peningkatan kadar fosfor, maka pembentukan jaringan dan sel baru akan lebih cepat. Hal tersebut sangat dibutuhkan bagi penderita trombositopenia.

Kesimpulan


Selain mencoba beberapa cara herbal mengatasi trombositopenia di atas, Anda juga hendaknya rutin berolahraga. Kurangnya aktivitas ditenggarai menjadi salah satu penyebab berkembangnya trombositopenia. Sedangkan dengan latihan rutin, produksi trombosit akan lebih banyak. Tubuh juga lebih berenergi dan bebas dari stres.
Loading...