6 Hal Buruk Yang Terjadi Ketika Anda Terlalu Banyak Tidur

6 Hal Buruk Yang Terjadi Ketika Anda Terlalu Banyak Tidur - Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan tubuh anda. Tidak hanya membantu anda untuk tetap fokus dan terjaga pada siang hari, namun juga membantu tubuh anda untuk tetap berenergi dan pulih dari kelelahan, serta dapat menurunkan segala resiko dari obesitas dan penyakit diabetes yang menyebabkan kematian dini. Tapi tetap saja, tidur yang berlebihan akan berdampak buruk terhadap tubuh anda.

Yang Terjadi Ketika Anda Terlalu Banyak Tidur

Ada banyak dampak dari terlalu banyak tidur, dan berikut telah kami rangkum beberapa masalah yang mungkin akan anda hadapi jika anda tidak tidur secara teratur dan berlebihan.

Beresiko Terkena Penyakit Serangan Jantung
Saat ini penyakit jantung menjadi salah satu penyakit mematikan yang sudah menjangkiti hampir di seluruh dunia, termasuk di negara-negara maju seperti Amerika Serikat. Di Amerika Serikat sendiri, jumlah kematian tertinggi disebabkan oleh penyakit jantung. Dan tidur lebih dari 8 jam di malam hari dapat meningkatkan terjadinya kematian sebanyak 34% dari penyakit jantung. Kaum perempuan cenderung tidur lebih lama dari kaum pria, yang dimana menempatkan mereka pada resiko tertinggi terhadap terkena serangan penyakit jantung.

Memiliki Masalah Dengan Berat Badan
Memang banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa kekurangan tidur cenderung bisa menaikkan berat badan, namun itu juga berlaku untuk yang tidur terlalu banyak dan bisa memicu obesitas. Kemungkinan anda mendapatkan kegemukan adalah karena anda terlalu banyak tidur, karena semakin banyak tidur maka semakin sedikit anda bergerak dan itu artinya semakin sedikit kalori yang terbakar.

Kemungkinan Terkena Diabetes
Terlalu banyak tidur dapat meningkatkan kadar gula darah yang dimana dapat meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2. Diabetes kini sudah menjadi penyakit umum dan mematikan di Indonesia. Kurangi jatah tidur anda agar penyakit diabetes bisa anda hindari, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Gangguan Terhadap Kinerja Otak
Apakah saat ini anda tengah mengalami masalah dengan konsentrasi anda? Maka ada baiknya untuk mengurangi jatah tidur anda. Menurut riset dari Journal of the American Geriatrics Society, Kebiasaan tidur terlalu lama dapat membuat otak anda 2 tahun menua dan akan sulit untuk melakukan tugas sehari-hari.
Tidur terlalu lama akan memiliki masalah dengan fungsi dasar mental yang berkaitan dengan sering terbangunnya di malam hari. Jika anda terlalu banyak bangun di malam hari, mungkin anda perlu memperbaiki pola tidur anda.

Mendapatkan Resiko Kematian Dini
Fakta ini cukup menakutkan dan benar-benar nyata. Studi epidemiologi dalam skala besar menunjukkan bahwa seseorang yang tidur terlalu lama maka kemungkinan bisa terkena kematian dini. Mengenai alasannya belum ada yang tahu secara pasti, namun kemungkinan besar penyebab utamanya adalah peradangan. Selain itu, jika anda memiliki masalah dengan diabetes dan penyakit jantung, resiko kematian dini akan menjadi tambah besar.

Mempengaruhi Suasana Hati
Depresi dan kebiasaan tidur berjalan secara beriringan. Seringkali, seseorang yang merasa depresi akan tidur lebih lama, dan tidur terlalu lama juga akan memperburuk depresi anda.

Mulai dari sekarang, pastikan anda tidur dengan teratur dan cukup di malam hari. Tidur berkualitas lebih baik daripada mereka yang tidur terlalu banyak.
Loading...