Peluncuran Bank Banten di Masjid Agung

Serang, - Dianggap Keramat, karena bertepatan dengan perayaaan hari ulang tahun (HUT) Provinsi Banten ke-16, Selasa (4/10), PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten atau Bank Banten yang merupakan hasil akuisisi dari Bank Pundi akan diluncurkan di Pelataran Masjid Agung, Banten Lama, Kota Serang.
Proses pembentukan Bank Banten ini sempat tersandera kasus suap yang melibatkan mantan Direktur Utama (Dirut) PT Banten Global Development (BGD) Ricky Tampinongkol, mantan Wakil Ketua DPRD Banten SM Hartono, dan mantan Ketua Harian Badan Anggaran DPRD Banten FL Satria Santosa alias Sony.
"Terima kasih kepada keluarga kenadziran yang telah mengizinkan Bank Banten di-launching di Pelataran Masjid Agung Banten Lama, karena ada sejarah yang tidak bisa dihindarkan di sini (Kesultanan Banten)," ujar Gubernur Banten Rano Karno di sela-sela ziarah ke makam Sultan Banten di Kota Serang, Banten, Senin (3/10).
Rano mengatakan Bank Pundi yang telah menjadi Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten telah memiliki 165 cabang dan akan bertambah setidaknya 12 cabang lagi di delapan kabupaten dan kota di Banten.
"Kehadiran Bank Banten diharapkan bisa membawa kemaslahatan untuk masyarakat Banten dari segi ekonomi," ujar Tb Abbas Wasse dari Ketua Kenadziran Kesultanan Banten.
Untuk diketahui, sekitar tahun 1950-an, Bank Banten pernah berdiri di Kabupaten Pandeglang, Banten, dan menjadi tonggak perekonomian masyarakat pada saat itu. Kejayaan Bank Banten pada masa silam itu menjadi motivasi bagi PT BGD selaku BUMD Banten. *** Johanda Sianturi.


Loading...