6 Hal Penyebab Lelah Sepanjang Hari

6 Hal Penyebab Lelah Sepanjang Hari - Kelelahan bisa terjadi ketika anda memiliki banyak aktivitas dan kesibukan setiap harinya untuk dikerjakan. Namun jika anda selalu merasa kelelahan sepanjang hari, mungkin ada yang salah dengan pola hidup anda, dimulai dari kebiasaan sehari-hari hingga terdapat beberapa penyakit yang tanpa sadar telah menjangkiti tubuh anda.
6 Hal Penyebab Lelah Sepanjang Hari

Cobalah anda untuk melakukan beberapa perubahan selama 2 hingga 3 minggu terhadap pola hidup dan kebiasaan anda seperti mendapatkan jam tidur lebih lama, memangkas aktivitas yang dirasa tidak perlu, mengkonsumsi makanan multivitamin, serta kurangi konsumsi kafein dan alkohol. Namun jika semua itu sudah anda lakukan namun masalah kelelahan sepanjang hari masih anda rasakan, itu artinya terdapat masalah serius dengan tubuh anda.
Berikut adalah 7 alasan yang memicu kelelahan sepanjang hari yang perlu anda ketahui :
Anemia
Kelelahan yang disebabkan oleh anemia  merupakan akibat dari kurangnya sel darah merah, yang dimana bertugas untuk membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan dan sel tubuh anda. Anda mungkin akan merasa lemah dan sesak nafas. Anemia bisa disebabkan oleh kurangnya zat besi dan vitamin, kehilangan darah, pendarahan internal, atau penyakit kronis seperti rheumatoid arthritis, kanker atau gagal ginjal. Wanita di usia subur rentan terkena anemia dan kekurangan zat besi karena kehilangan darah saat menstruasi dan kebubutan tambahan akan zat besi selama kehamilan dan menyusui.

Diabetes
Lebih dari satu juta orang didiagnosa menderita diabetes tipe 2 setiap tahunnya, tapi mungkin lebih banyak dari jumlah tersebut karena tidak semua orang sadar telah menderita penyakit tersebut. Gula atau glukosa merupakan bahan bakar yang membuat tubuh anda tetap bekerja. Dan itu artinya masalah bagi para penderita diabetes tipe 2 yang tidak bisa mengkonsumsi gula secara sembarangan. Tanpa energi yang cukup untuk membuat tubuh bekerja dengan baik, para penderita diabetes akan merasakan kelelahan lebih cepat dan bahkan sepanjang hari.

Depresi
Depresi akan membuat suasana hati anda tidak baik, dan penyakit ini bisa mempengaruhi pola tidur, makan, dan perasaan anda terhadap diri sendiri maupun orang lain. Tanpa pengobatan, gejala depresi seperti kelelahan sepanjang hari bisa berlangsung hingga berminggu-minggu, bulan, bahkan tahunan.

Rheumatoid Arthritis
Salah satu penyakit autoimune ini tidak mudah untuk didiagnosa lebih awal, namun masih terdapat beberapa petunjuk yang bisa anda ketahui. Rheumatoid Arthritis terjadi ketika sistem kekebalan tubuh anda berbalik melawan dirinya sendiri dan menyerang jaringan sendi yang sehat, terkadang menyebabkan kerusakan tulang dan tulang rawan secara permanen.

Kelelahan Kronis
Ini merupakan kondisi yang membingungkan, dimana anda akan merasa lebih cepat lelah dari biasanya. Seseorang yang menderita kelelahan kronik atau CFS (Chronic Fatigue) biasanya merasa terlalu lelah untuk melakukan aktivitas normal, dan bahkan terkadang selalu merasa kelelahan meskipun hanya melakukan sedikit aktivitas.
Sleep Apnea

Jika anda merasa kelelahan saat terbangun meskipun anda sudah mendapatkan tidur yang cukup, maka kemungkinan besar anda menderita penyakit ini. Sleep Apnea adalah gangguan yang ditandai dengan gangguan sinkat pernafasan saat tidur. Jenis yang paling umum adalah Obstructive Sleep Apnea, yaitu ketika saluran nafas bagian atas anda benar-benar tertutup untuk beberapa detik yang akhirnya otak akan memberitahu anda untuk segera bangun dan kembali bernafas lagi. Seseorang yang menderita Obstructive Sleep Apnea bisa berhenti bernafas sebanyak lusinan bahkan ratusan kali dalam satu malam.
Loading...