Siapa Buni Yani? Apa Perannya?

Namanya dikenal publik sejak video dugaan penistaan agama yang dialamatkan pada Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tersebar di dunia maya. Tindakan Buni mengunggah video kontroversial tersebut kian menimbulkan gejolak pro kontra khalayak. Di antara banyak terpaan kabar, baik negatif maupun tidak, sebenarnya siapa sosok Buni Yani?

Jika melihat laman Facebook pribadinya, tak banyak yang bisa diketahui, selain ia tinggal di Depok dan mengajar sebagai dosen di London School. Terkait informasi tersebut, dalam sebuah wawancara dengan Antara, Buni memang mengaku sebagai pemegang KTP Depok dan bekerja sebagai dosen di salah satu kampus London School di Jakarta tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Buni Yani juga mengatakan kalau ia adalah lelaki kelahiran Lombok, 16 Mei 1969 yang lulus S1 dari Fakultas Sastra Inggris Universitas Udayana, Bali. "Lalu mendapat beasiswa S2 di Ohio University dan lulus tahun 2002," sambungnya sebagaimana dimuat Antara.

Melengkapi informasi tersebut ketika dihubungi Bintang.com, Minggu (6/11/2016), ia mengatakan pernah berkarier sebagai jurnalis di beberapa media, termasuk VOA Washington, Tempo dan Indonesia Time. Ketika ditanya mengapa berpaling dari dunia jurnalis, Buni mengaku sebenarnya kedua profesi itu tak jauh berbeda.

"Kalau jadi wartawan kan cari berita. Niatnya memang mau mengadvokasi masyarakat yang perlu dibela. Dosen juga begitu. Ada aspek advokasi. Saya mengutarakan apa yang harus diutarakan. Apa yang penting diketahui publik," ucap Buni lewat sambungan telepon dengan Bintang.com, Minggu (6/11). Hingga kini, menurut kutipan wawancara dengan Antara, Buni Yani tengah membuat desertasi S3 di Leiden University, Belanda, sejak 2010 dan belum selesai. 
Loading...