Djarot Berterimakasih Doa Bersama 2 Desember Berlangsung Damai

Calon wakil gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat berterimakasih atas berlangsungnya doa bersama 2 Desember yang berjalan damai. Ia mengatakan itu merupakan bukti kebhinekaan Indonesia.

"Kami kasih apresiasi, bagaimana itu sangat damai, sejuk, bagus, dan kami juga berterimakasih tentunya, itulah menunjukkan bahwa Indonesia itu ber-Bhinneka Tunggal Ika," kata Djarot di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (3/12/2016).

Toleransi kebhinekaan di Jakarta sendiri, kata Djarot, bisa dikuatkan dengan banyak membangun ruang publik yang mampu menampung orang banyak agar bisa diselenggarakan berbagai acara kebudayaan.

Melalui acara kebudayaan, interaksi akan semakin sering, dan secara langsung memupuk toleransi di masing-masing individu.

"Kalau dari hasil sensus yang kami dapatkan, indeks demokrasi di Jakarta itu paling tinggi di Indonesia, yaitu sebanyak 85 persen lebih. Artinya warga Jakarta itu sebetulnya sangat demokratis, sangat dewasa, maka itu berarti masyarakat sangat memahami keberagaman, sangat paham tentang Bhinneka Tunggal Ika, jadi kami tidak khawatir dengan permasalahan itu," kata Djarot.

Djarot enggan mengomentari dugaan upaya makar oleh sejumlah tokoh yang sempat diperiksa oleh kepolisian. Ia mengatakan itu merupakan tanggung jawab dari pihak berwajib.

doa bersama 2 Desember telah berlangsung di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2016) kemarin. Kegiatan itu diikuti massa dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka datang bersama rombongan masing-masing menggunakan bus, mobil kecil, hingga transportasi umum seperti kereta. (Baca: Doa Bersama 2 Desember yang "Banjir" Pujian)

Kegiatan itu diisi dengan zikir, tausiah, shalat Jumat bersama, hingga menyanyikan lagu "Indonesia Raya". Gerimis hingga hujan deras yang mengguyur Jakarta tak menyurutkan niat mereka. Para peserta doa bersama itu tetap khusyuk mengikuti rangkaian kegiatan.

doa bersama itu berlangsung sejak pagi hingga usai shalat Jumat. Hingga kegiatan berakhir, doa bersama itu berjalan dengan tertib.

kompas
Loading...