Selasa Malam, Basuki Blusukan ke PLBN Entikong


Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan tinjauan akhir ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kalimantan Barat, Selasa (20/12/2016) malam.

Kunjungan itu dilakukan sebelum peresmian PLBN Entikong yang rencananya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (21/12/2016).

Terlihat bersama Basuki dalam tinjauan tersebut adalah Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto dan Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Sri Hartoyo.

Dalam tinjauannya tersebut Basuki memulainya dengan memasuki bagian dalam PLBN, kemudian keluar untuk melihat profil pembangunan PLBN Entikong, dan melihat pos jaga PLBN.

Bersama dengan rombongan Menteri PUPR, Kompas.com menempuh jarak sekitar 200 kilometer dan menghabiskan waktu selama 8 jam dari Pontianak menuju Entikong.

PLBN Entikong sudah siap diresmikan lantaran sudah memenuhi beberapa persyaratan seperti ketersediaan air, sanitasi, fasilitas kesehatan, dan keamanan.

PLBN ini hanya terpaut beberapa ratus meter dari Pos Imigresen Malaysia. Bangunan baru tersebut mengadopsi langgam arsitektur lokal dengan beberapa ornamen dan elemen dekoratif yang menjadi ciri khas Entikong.

Contohnya pada bagian atap PLBN yang merupakan hasil transformasi bentuk Rumah Panjang dan Perisai Suku Dayak.

Perisai ini adalah simbol pertahanan NKRI yang melindungi. Sedangkan corak dan warna cerah kuning diterapkan pada bagian dinding dan elemen relief pada bagian pintu gerbang.

Pencahayaan dibuat sealami mungkin dengan pola bukaan dan penggunaan material transparan.

Detail arsitektur yang mengadopsi unsur lokal menjadi komponen yang sangat penting dalam pembangunan PLBN yang memiliki luas lahan mencapai 8 hektar dan luas bangunan 19.493 meter persegi.

PLBN Entikong sendiri dibangun sejak 2015 silam dan selesai serta diresmikan setahun setelahnya atau tepat pada Desember 2016.

kompas.com
Loading...