Hidayat Nur Wahid Sebut Debat Momentum Tingkatkan Elektabilitas


Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid menilai, debat Pilkada DKI nanti malam menjadi momen krusial untuk meningkatkan elektabilitas bagi pasangan calon.

Hidayat mengatakan, debat merupakan momentum bagi publik untuk melihat kualitas pasangan calon. Bahkan, debat bisa mengubah pilihan masyarakat yang sebelumnya sudah memiliki pasangan calon idaman.

"Pertama mungkin masyarakat sudah punya pilihan calon. Tapi karena ini Jakarta, pemilih lebih rasional, lebih kritis juga. Kalau ternyata mereka melihat sesuatu yang lebih baik dari calon lain, bukan tak mungkin mereka berubah pikiran," kata Hidayat saat diwawancarai di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Ia menambahkan jika dalam debat ada pasanga calon yang tak menguasai permasalahan, masyarakat pemilih akan berpikir ulang untuk mencoblos pasangan calon tersebut.

Begitu pula, kata Hidayat, jika nantinya masyarakat melihat selama ini ada calon gubernur yang programnya tak mampu menjawab persoalan di DKI, mereka juga akan berpikir ulang untuk mencoblosnya.

"Makanya, ini memang momen bagi semua calon. Jakarta barometer Pilkada bagi daerah lain dengan pemilih yang kritis. Dan mereka tentu menginginkan calon yang berkualitas," lanjut Hidayat.

Ketiga pasangan calon akan mengikuti debat pertama di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, mulai pukul 20.00 WIB.

Debat pertama ini akan bertema masalah pendidikan dan kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat, lingkungan dan transportasi, serta masalah sosial ekonomi.

kompas.com
Loading...