Penulis 'Jokowi Undercover' Tidak Punya Kemampuan Penelitian


Polisi menangkap Bambang Tri karena menulis buku 'Jokowi Undercover' tanpa data yang jelas dan cenderung fitnah. Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan bahwa Bambang tidak memiliki kemampuan metodologi penelitian.

"Jadi sebetulnya pendapat saya, (Bambang) tidak memiliki kemampuan metodologi untuk melakukan penelitian melalui buku itu," ujar Kapolri di Rupatama Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (4/1/2017).

Tito pun menjelaskan, seharusnya setiap penulis buku memiliki data primer dan sekunder sebagai pendukung apa yang ditulisnya.

"Metodologinya harus ada, data pendukung, contoh mengatakan bahwa maaf, Bapak Jokowi ini keturunan dari A, kita tanya punya data pendukung data primer gak. Artinya dokumen, akte lahir, atau apa, atau sumber pertama orang yang mengetahui tidak ada," jelas Tito

Tito juga mengatakan Bambang tidak memiliki kemampuan foto metrik. Menurutnya, Bambang hanya menyamakan foto Presiden Jokowi dengan seseorang dari hasil kesimpulannya sendiri tanpa memiliki keahlian khusus.

"Ini data pendukung tidak ada sama sekali, makanya kita berani menetapkan bahwa itu adalah bohong," tegas Tito.

detik.com
Loading...